'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pengajian Bulan Ramadhan di Masa Pandemi
10 Mei 2021 20:21 WIB | dibaca 29

kota-makassar.aisyiyah.or.id Pada bulan Ramadhan ini diharapkan bahwa Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Makassar dapat mengisi waktu dengan mengadakan berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan nilai ibadah bagi kita umat islam dan senantiasa dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Olehnya itu PDA Kota Makassar mengadakan pengajian secara daring selama empat minggu di dalam bulan Ramadhan 1442 H. Keputusan mengadakan pengajian melalui daring disebabkan karena kita masih dalam situasi pandemi yang menyebabkan adanya keterbatasan dalam berkumpul dalam suatu majelis.

Di masa pandemi kita memiliki keterbatasan  untuk dapat melakukan pertemuan rutin yang mengumpulkan banyak orang disebabkan adanya protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah akibat Covid-19 yang masil melanda negeri kita.

Pengajian daring yang diadakan oleh PDA kota Makassar berakhir pada Ahad 27 Ramadhan 1442 H yang bertepatan pada tanggal 9 Mei 2021 adalah merupakan pertemuan  yang  keempat yang digelar oleh Majelis Tabligh PDA Kota Makassar bekerjasama dengan Majelis Pembinaan Kader PDA Kota Makassar, adapun kegiatan ini sudah mendapatkan persetuajuan dan didukung penuh olehi Ketua PDA Kota Makassar Dra. Sitti Hamdana Dachlan, Apt., M. Kes., Wakil2 Ketua Koordinator Tabligh dan MPK, Hj.Sohrah Marzuki dan Dra.Nurbeti.

Selama empat minggu pelaksanaan pengajian daring yang diadakan oleh PDA Kota Makassar senantiasa diikuti oleh anggota dan pengurus Aisyiyah PDA Makassar, PCA sekota Makassar, PDA Gowa,PDA Wajodan PDA Bantaeng.

Adapun materi yang sempat di bahas dalam pengajian daring yang dilaksanakan oleh Majelis Tabligh yang bekerjasama dengan Majelis Pembinaan Kader PDA Kota Makassar diantaranya yaitu penjelasan Surah At Taubah ayat  100- 106, Surah Al Baqarah ayat 183 - 187 serta Pengajian Ketarjihan Tuntunan Zakat dan Idul Fitri serta Penjelasan hukum tajwidyang disampaikan oleh Narasumber  Dr. K.H. Abbas Baco Miro, Lc., M.A.dan Dra. Hj. Khaeriyah Abdul Djabbar.

Panitia pengajian yang bertugas untuk mensukseskan pelaksaanaan pengajian daring ini diantaranya adalah Dr.  Radiah Hamid, M.Pd., Dra.Hj. Suryana Yusuf,  Dr. Nurtaqwa Amin, M.Hum., Hasmawati dariMajelis Tabligh PDA Kota Makassar,  Dra. Hj. Nuraeni Razak (Ketua Majelis Pembinaan Kader  PCA Tamalanrea)dan Hj. Adawiyah Mursalim ( Ketua PCA Makassar).

Berbagai pendapat disampaikan oleh beberapa Anggota Aisyiyah yang sempat menghadiri pengajian selama bulan Ramadhan ini diantaranya adalah Sekretaris PDA Kota Makassar Rahma Rahman S.Pdi menyampaikan pendapatnya bahwa untuk pelaksaan pengajian selanjutkan sebaiknya dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan menggunakan fasilitas yang sudah dimiliki oleh perserikatan.  Adapun pendapat lainnya  dari  anggota PDA Kota makassar lainnya yaitu Dra. Habasiah dan Sitti Chaerani Djaya menyampaikan bahwa pengajian daring ini sudah cukup baik dalam pelaksanaanya dan diharapkan masih akan berkelanjutan.

 

(Afidah Mochtar)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari